-->

Mungkin dari kalian sudah tau atau sudah mencoba trik ini untuk optimasi blognya agar loadingnya lebih cepat, untuk teman yang sudah tau mohon maaf kalo ada yang salah atau kalo bisa di tambahkan biar lebih berguna ilmunya.Semalam saya sudah coba dan hasilnya sih menurut saya lumayan ada perubahan tapi saya heran kenapa pas di tes di Google Page Speed malah turun nilainya. 
Maksud dari menggabungkan javascript itu adalah menggabungkan file-file JS yang bermacam2 menjadi satu file contohnya pada blog saya ini, saya menggunakan syntaxhighlighter dimana untuk menggunakan syntaxhighlighter itu saya harus menempelkan berbagai javascript agar berguna, akan tetapi dengan banyaknya javascript tersebut maka loading blog terasa lambat, untuk itu saya menggunakan cara ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

kalian cari file javascript yang ada di blog kalian,contohnya:
  • <script src=”http://ermayu.googlecode.com/files/1.js” type=”text/javascript”></script>
  • <script src=”http://ermayu.googlecode.com/files/2.js” type=”text/javascript”></script>
    • <script src=”http://ermayu.googlecode.com/files/3.js” type=”text/javascript”></script>
    • <script src=”http://ermayu.googlecode.com/files/4.js” type=”text/javascript”></script>
      Dari keempat file Js tersebut kalian biasa menggabungkanya jadi satu caranya:
      Langkah 1 :
      Copy alamat web (URL)  javascript satu persatu di atas ini, kemudian buka tab baru di browser kalian untuk melihat script  tersebut.

      Langkah 2 :
      PASTE script yang sudah anda buka di tab baru tadi, kalian bisa salin pakai notepad++, jika tidak ada notepad++ kalian bisa menggunakan notepad.

      Langkah 3 
      Pada contoh javascript diatas kan ada 4 nah kalian buka satu2 scriptnya lalu copy semuanya ke notepad++ kemudian SAVE AS dan beri ekstensi .JS

      Langkah 4 :
      UPLOAD script yang anda gabungkan tadi hosting anda (saya menggunakan fasilitas google code). Hapus 4 script yang anda gunakan sebelumnya dan ganti dengan script yang anda upload tadi.
      Cukup mudah kan caranya? tapi ingat sebelum anda melakukan cara diatas ada baiknya anda backup terlebih dahulu template anda agar bisa dibalikan ke semula jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan :D

      2 komentar:

      1. Saya coba kok malah berantakan tampilan blognya ya kang ?

        BalasHapus
      2. permisi gan, gak sembarangan asal di gabungin dan gak semua js bisa digabung, jika ingin melakukan hal ini harus mengerti dasar js dan oredering js, saran saya kalau belum mengerti tidak usah di praktekan.

        BalasHapus