-->

Teman-teman pernah mengalami seperti ini belum? jadi saat kita melakukan klik kanan pada windows explorer, dan juga ketika kita tekan tombol delete, CTRL + C , CTRL + V pada windows explorer muncul pesan error seperti gambar di bawah ini.
 
Lalu ketika kita klik tombol Retry, semua proses windows explorer akan closed dan error, dan kita akan melihat error message seperti ini:
Error tersebut tidak disebabkan oleh virus, melainkan disebabkan oleh bad context menu handler. Context menu handler adalah handler ekstensi shell untuk beberapa perintah menu konteks yang ada (Ex: Copy, Paste, Browse with ACDSee, Rename, Send To, Properties, dan lain-lain di menu klik kanan). Jadi jika ada error di salah satu menu klik kanan ini, maka akan menyebabkan error di Windows Explorer. Hasilnya jelas: Windows Explorer akan hang, shutting down dan closed.

Jika kalian pernah mengalaminya kalian hanya membutuhkan software ShellExView sebagai solusinya. ShellExView adalah software yang dapat menampilkan detail shell ekstensi yang terinstall pada komputer kalian, dan kalian dapat dengan mudah meng-enable ataupun meng-disable setiap ekstensi shell. ShellExView dapat digunakan untuk menyelesaikan problem right click/klik kanan di windows Explorer. 

Untuk penggunaanya ikuta langkah berikut:
  1. Download dan Install software ini terlebih dahulu. Agan bisa download di SINI
  2. Jalankan shexview.exe. Software ini akan menampilkan detail shell ekstensi yang terinstall pada komputer kita.
  3. Cari ekstensi shell yang ter-highlight merah dalam daftar list shell extension nya. Dan Disable semua ekstensi shell yang ter-highlight merah tersebut.
  4. Jika semua ekstensi shell yang ter-highlight merah tersebut di-disable, windows explorer kita akan kembali normal. 
Semoga bermanfaat jika pernah mengalami ^_^

1 komentar:

  1. sipp gan, udah ane praktekin. dan berhasil :D
    thanks infonya

    BalasHapus