-->

HTML Merupakan singkatan dari kata HyperText Markup Language, HTML merupakan salah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman website untuk ditampilkan pada internet. HTML sendiri merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman SGML (Standard Generalized Markup Language)yang digunakan dalam dunia penerbitan dan percetakan. HTML bisa dikatakan sebagai bahasa yang distandarkan atau dibakukan untuk membuat halaman web dan merupakan kode-kode yang digunakan untuk memberikan instruksi pada sebuah data didalam dokumen atau halaman website.
Kode-kode ini biasanya disebut sebagai tag. Itulah sebabnya disebut sebagai Markup Language karena merupakan kombinasi antara data dan informasi mengenai data tersebut.

 
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). Dengan PHP ini Anda dapat membuat beragam aplikasi berbasis web, mulai dari halaman web yang sederhana sampai aplikasi kompleks yang membutuhkan koneksike database. Sampai saat ini telah banyak database yang telah didukung oleh PHP dan kemungkinan akan terus bertambah salah satunya adalah MySQL.
MySQL merupakan salah satu DBMS open source yang paling populer pada saat ini. Meskipun dahulu MySQL pernah dikritisi karena tidak memiliki beberapa fitur yang ada dalam DBMS pada umumnya, namun saat ini MySQL sudah banyak dikembangkan.

Ebook ini membahas dasar-dasar HTML, MySQl, dan PHP untuk pemrograman web.

Download : Menjadi Web Programer  (Tutorial dasar  HTML + MySQL + PHP)

2 komentar: